PERTANIAN

Petani Hibahkan Lahan Jalan Pertanian berharap dibantu Pemerintah Kota

SumselOkeNews.com – Puluhan petani di Dusun Tegur Wangi membuat jalan untuk memudahkan pengangkutan hasil bumi. Jalan yang dibuat berdasarkan kesepakatan dan dihibahkan petani tersebut sepanjang 1 kilometer dengan lebar 3 meter.

Pantauan SumselOkeNews, jalan usaha tani tersebut dibuat dengan mengorbankan lahan mereka. Upaya ini atas hasil kekompakan petani agar akses jalan bisa terbentuk sehingga kendaraan roda dua maupun roda empat bisa masuk demi kemudahan akses mengangkut hasil pertanian.

Ardian (34) salah satu petani mengungkapkan, selama ini dikawasan ini hanya ada jalan setapak atau melewati pelang sawah. Akibatnya, jika panen petani harus mengeluarkan biaya angkut yang cukup besar karena menggunakan tenaga manusia.Harapan kami dengan dibuatnya jalan ini hasil bumi bisa diangkut dengan mudah dan lebih irit. Apalagi, disini petani rela menghibahkan tanah yang masih ada tanamannya baik itu padi, sop maupun tanaman lainnya,” ungkap dia.

Lihat Juga  Herman Deru Minta Kembalikan Marwah Petani

Dikatakannya, lahan yang dibuka jalan atas dasar hibah ini panjangnya kurang lebih 1 kilometer dengan lebar 3 meter. Jalan ini sudah dibuat dengan cara gotong royong, tinggallah berharap sentuhan pemerintah kota, baik berupa pengerasan, jalan cor ataupun aspal nantinya.

Senada diungkapkan Sapri (53) petani lainnya, dengan dibukanya jalan ini kedepan diharapkan pemerintah bisa membangun baik dengan cara diaspal maupun cor beton. Sebagai daerah pertanian, jalan usaha tani ini sangat penting untuk membantu petani.

“Harapan kami pemerintah bisa membangun jalan ini. Sebagai petani kami sangat berharap jalan ini bisa seperti jalan pertanian di daerah lain yang sudah bagus,” tukasnya.

Lihat Juga  Herman Deru Anggarkan Rp 11 Miliar untuk Bantuan Permodalan UMKM

Reporter : Minang Apri Wijaya

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close